Class dan objek merupakan paradigma dasar dari OOP (Object Oriented Programming)
Class : suatu frame yang merupakan definisi yang memuat data dan method pengolah data
Objek : bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan method dapat direalisasikan
Contoh class : Dog
Contoh data : warna, umur , harga
definisi data menggunakan sintak : tipe_data nama_var;
atau : tipe_data nama_var=nilai_data;
Contoh metod : bark(), sleep()
definisi metod :
[public/static]return_value nama_metod(parameter){...}
{isi metod}
Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur.
Membuatobjek pada dasarnya sama dengan mendefinisikan data
dan mengisi nilai datanya.
Contoh :
Mendifinisikan data :
String nama;
Mendefinisikan data sekaligus mengisi data :
String nama=“Heli”;
Mendefinisikan objek : (nama objek adalah myDog, merupakan
objek dari class Dog)
Dog myDog;
Mendefinisikan objek sekalligus menginisialisasi nilai objek.
Dog myDog = new Dog(“Heli”, 3);
Moidfier public, void, static, private.
Modifier public :
Pada definisi class, merupakan class yang memuat metod main(), dan nama file disimpan dengan nama class public
Pada definisi metod, bermakna bahwa metod tersebut dapat diases dari luar class yang bersangkutan
Pada daefinisi data, bermakna data tersebut dapat diases dari luar class
Modifier void pada metod: berarti Metod tersebut tidak ada return valuenya
Modifier static pada metod : berarti metod tersebut dapat dipanggil hanya dari dalam class yang sama
Modifier private pada data : berarti data hanya dapat diases dari class yang sama
Modifier protected paad metod : dapat diases dari class turunannya
Construktor
Construktor adalah jenis metod yang akan otomatis dipanggil jika suatu objek dibuat
Construktor didefinisikan secara public dan namanya sama dengan nama classnya
Construktor dapat didefinisikan lebih dari satu definisi
Contoh : untuk Dog ditambah definisi construktor tanpa
parameter, menjadi :
public Dog( ) { }
public Dog(String nm, int um){nama=nm; umur=um;}
Misalkan dalam class DogRun didefinisikan objek yourDog
Dog yourDog=new Dog();
Maka jika dalam class DogRun dipanggil :
yourDog.seyHello();
Outputnya : (nilai nama dan umur digunakan nilai default)
Nama saya Blacky umur saya 4 tahun
Untuk membuat coding programnya ikuti langkah berikut :
Pertama buka Netbeans - klik File - New Project - Klik Java - Klik Java Application - kemudian klik next.
Selanjutnya pada project name isi ClassDog atau nama apa saja yang disesuaikan dengan program yang akan di buat. Pada Kotak Create Main Class hapus tanda ceklist kemudian klik Finish.
Langkah selanjutnya buat package caranya seperti gambar dibawah ini. Pada kolom project klik Source Package - klik kanan pada mouse - klik New - pilih Java Package.
Selanjutnya Terbuka jendela seperti gambar di bawah ini. Pada kolom Package Name isi dengan DogClass atau nama apa saja yang anda inginkan namun disesuaikan dengan program yang anda buat. dan tentukan locationnya. Kemudian klik finish/ok.
Langkah selanjutnya buat class pada package yang sudah kita buat tadi. Jendela yang tampil seperti gambar dibawah ini. Dan pada Class name isi dengan DogRun. Kemudian klik Finish.
Selanjutnya membuat coding program DogRun seperti pada pada gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya buat class lagi pada package yang sudah kita buat tadi. Jendela yang tampil seperti gambar dibawah ini. Dan pada Class name isi dengan Dog. Kemudian klik Finish.
Selanjutnya membuat coding program Dog seperti pada pada gambar dibawah ini.
Langkah terakhir klik pada jendela Program class DogRun. Kemudian Run File ( klik Shift+F6 ). Jika berhasil, Output program akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.
Selamat Mencoba.
0 komentar:
Posting Komentar