Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 02 Maret 2011

Tugas Rangkuman I Java


Untuk membuat program Java, Anda membutuhkan beberapa software. Software yang kita gunakan adalah JDK (Java Development Kit) dan Netbeans. Berikut cara penginstalannya :

  • Pertama instal JDK (Java Development Kit), Kalau belum punya silakan download disini
  • Selanjutnya instal Netbeans nya, Kalau belum punya silakan download disini   
 

Untuk menggunakan JDK tersebut anda perlu melakukan beberapa penyesuaian dengan sistem operasi anda. Umumnya yang perlu anda lakukan adalah memasukan path ke direktori JDK anda ke setting path pada sistem operasi anda. Misalkan direktori JDK anda adalah C:\jdkl.4 maka pada windows 98 anda cukup menambahkan baris perintah SET PATH= C:\jdkl.4 \bin pada file autoexec.bat anda. Untuk windows NT/2000/XP anda cukup menambahkan direktori C:\jdkl.4\bin pada variabel path di system Environment.  

Caranya : 
  • Klik kanan ikon My Computer 
  • Pilih Properties
  • Kemudian pilih Tab Advance
  • Lalu klik tombol Environment Variables
  • Cari variabel path, kemudian tambahkan path direktori JDK anda ke dalam variabel tersebut.


Untuk Linux, tambahkan baris perintah SET CLASSPATH= (direktori JDK anda) ke file profile anda. Untuk kemudahan dan berbagai fasilitas tambahan anda dapat menggunakan Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa Java seperti Visual Cafe dari Symantec atau Jbuilder dari Borland.

Berikut adalah urutan langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat sebuah program Java sederhana adalah :
  • Membuat Source code program dengan editor teks apapun. Ingat : file tersebut harus berekstensi .Java dan case sensitive.
  • Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya :javac Helloworld.java. Jika berhasil, hasilnya adalah file bytecode berakhiran .class.
  • Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh : java HelloWorld.

SOURCE CODE

Berikut kode untuk HelloWorld.java :

  public class Main    
  {
     //HelloWorld
     public static void main (String[] args)
    {
          System.out.println("Apa Kabar Dunia");
    }
 {  

Perlu diingat bahwa bahasa Java bersifat case sensitive, sehingga anda harus memperhatikan penggunaan huruf  besar dan kecil. Selain itu penulisan source code program tidak harus memperhatikan bentuk tertentu, sehingga anda bisa saja menuliskan semua baris source code tersebut dalam satu baris asal anda tidak lupamembubuhkan tanda titik koma (;) atau menuliskan tiap kata dalam satu baris tersendiri. Namun dianjurkan anda mengikuti layout seperti pada contoh agar program anda mudah dibaca dan dimengerti.


KOMPILASI

Setelah itu simpan\save syntax tersebut dengan nama HelloWorld.java (sesuai dengan nama class. Kemudian kita akan meng-compile syntax program tersebut dengan perintah.
    
      prompt> java HelloWorld.java


SINTAKS PROGRAM

Mari kita bahas elemen-elemen dalam source code tersebut.


Pada listing terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernytaan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata Public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain.

Kemudian kita menemukan baris static void main (string[] args). Perintah ini merupakan Pernyataan pembuka sebuah metode. Metode adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi. Kata Public didepannya mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada di baris depan permulaan kelas. Namun nantinya anda akan menemukan juga bentuk lain seperti private dan protect yang akan kita bahas nanti. Pada listing terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[] args, dimana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen command line.
 
Untuk memanggil sebuah metode diperlukan tiga komponen yaitu :

  1.  Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek System.out
  2.  Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hal ini println
  3. Sepasang tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang dipanggil , yaitu parameter.
 
EKSEKUSI

Untuk mengeksekusi program kita tinggal mengetikan perintah java HelloWorld pada prompt dan pesan Apa Kabar Dunia ? akan tampil dilayar (atau mungkin ditempat lain, tergantung sistem operasi anda).
  
             prompt> java HelloWorld

  
 TIPE DATA PRIMITIVE DAN STRING


Pada Java, terdapat tipe data sederhana dan tipe data array. Tipe data sederhana terdiri dari : tipe boolean, dan tipe numerik yang terdiri dari byte, short, int, long, char, float, dan double. Boolean adalah tipe data untuk besaran logika, hanya memiliki dua kemungkinan nilai, true atau false. Tipe data numerik dapat dirangkum pada tabel berikut.

 

Selain adanya variabel-variabel diatas, Java API juga menyediakan kelas-kelas untuk tipe-tipe variabel tersebut, Byte, Short, Integer, Long, character, Float, dan Double. Java menyediakan String untuk menampung data yang lebih dari satu karakter. Sebetulnya String bukan tipe data, melainkan objek yang berisi kumpulan karakter (char). Penggunaan String tidak, beda dengan penggunaan tipe data lainnya.

Array adalah kumpulan varibel dengan tipe sejenis dengan nama yang sama.Berikut adalah contoh pendeklarasian dari variabel dengan tipe “ array of int “ :

          int Vektor [];

index array dimulai dari 0 (nol). Contoh berikut untuk mengalokasikan 5 buah integer ke dalam array:

          Vektor = new int [5];

Selanjutnya untuk mengisi elemen-lemen array adalah sebagai berikut :

          Vektor [0] = 4;
          Vektor [1] = 6;
          Vektor [2] = 7;
          Vektor [3] = 9;
          Vektor [4] = 2;

Anda juga dapat menginisialisai array yang sama dengan contoh di atas dengan cara yang lebih singkat sebagai berikut :

          int vektor[5] = {4, 6, 7, 9, 2};

OPERATOR DALAM JAVA
Java memiliki 44 operator, yang terbagi dalam 4 jenis dasar, yaitu operator aritmetik, bitwise, relasi, dan logika.
1.   Operator Aritmetik


Digunakana untuk proses matematis (aljabar), operan harus berupa numerik. Operator ini tidak dapat digunakan untuk tipe boolean, tetapi dapat digunakan untuk tipe char, karena char adalah anggota himpunan int.


2.   Opertaor Bitwise


Tipe numerik integer, long, int, short, char, dan byte memiliki kumpulan operator tambahan yang dapat memodifikasi dan memeriksa bit-bit yang menyusun nilainya.

3.   Operator Relasi 

Untuk membandingkan dua buah nilai, Java memiliki kumpulan operator relasi berikut untuk menyatakan kesamaan dan urutan.


4.   Operator Logika 


Operator logika boolean padat tabel dibawah ini bekerja hanya pada operan boolean. Semua operator ini mengkombinasikan dua besaran boolean untuk menghasilkan besaran boolean.


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Mahasewa - Premium Blogger Themes | Blogger Templates